Minggu, 15 November 2015



KULINER KHAS PALU
UTA KELOR
Uta kelor yang artinya dalam bahas kaili adalah sayur kelor. uta kelor ini merupakan kuliner khas palu Sulawesi Tengah,yang mana uta kelor ini identik dengan suku terbesar yang mendiami kawasan Sulawesi tengah yaitu suku kaili.Uta kelor ini sudah ada sejak tahun 50an,Tumbuhan daun kelor ini pun dapat di jumpai di setiap wilaya Sulawesi tengah.
Yang pada awalnya uta kelor ini hanya sebagai menu rumahan,tetapi dengan seiring berjalan nya waktu uta kelor ini bereformasi  menjadi icon kota palu Sulawesi tengah. Karena memiliki citara rasa yang khas dan unik uta kelor ini menjadi mkanan wajib bagi suku kaili, uta kelor ini berbahan dasar daun kelor,dan memiliki bahan tambahan seperti,pisang muda,irisan terung,udang halus,cabe,santan,penyedap rasa dan garam.
Dan cara pembuatan nya pun sangat mudah yaitu santa dan cabe rawit di masak hingga mendidih kemudian,masukan garam, daun kelor,pisang,dan terung kemudian di aduk hingga merata,setelah pisang,dan terung sudah melemas dan matang sayur siap untuk diangkat dan di sajikan.
Untuk mendapatkan kuliner uta kelor di kota palu ini pun tidak susah,karena ada salah satu warung makan khas kaili yang menyediakan berbagai macam kuliner khas kaili,dan bagi anda yang ingin menikmati kuliner ini pun tak perlu merogoh  koceh cukup besar karena harga makanan di warung makan khas kaili ini terbilang cukup murah,dan  warung makan ini berada di jalan tembang,tepat nya di Kampung lere kota palu.warung makan ini sudah ada sejak tahun 2004 hingga sekarang jadi tidak heran jika warung makan ini sangat terkenal.
Dan pengujung warung makan ini pun bukan hanya masyarakat sekitar kota palu tetapi ada juga yang dari luar kota palu . uta kelor ini akan lebih nikmat jika di lengkapi dengan nasi jagung,lawa dan utadada.

NAMA            : RASNA
STAMBUK    : B 501 14 057
KELAS           : B


Tidak ada komentar:

Posting Komentar